cover
Contact Name
Andes Fuady
Contact Email
andes@um-tapsel.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.muaddib@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman
ISSN : 25282492     EISSN : 25490427     DOI : -
Core Subject : Education,
Al- Muaddib (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman)adalah jurnal yang menampung publikasi ilmu sosial dan keislaman, baik itu artikel maupun hasil penelitian dari Dosen, Mahasiswa dan Umum.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN" : 16 Documents clear
PROGRAM EKSTRAKULIKULER ROHANI ISLAM (KONTRIBUSINYA TERHADAP PERILAKU KEBERAGAMAAN ANAK DIDIK DI MTS OPU DAENG RISAJU PALOPO) Muhammad Agil Amin
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.86-95

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Program Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Kontribusinya terhadap Perilaku Keagamaan Siswa MTs Opu Daeng Risaju Palopo). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dari pendidik, siswa dan pihak terkait. Teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adanya program spiritual islami di MTs. Opu Daeng Risaju Palopo memberikan kontribusi yang baik terhadap perilaku siswa. Kontribusi program keislaman tersebut berupa shalat dhuha, ta'lim, muroja'ah, shalat dzuhur, membaca dan menulis al-Qur'an, ibadah ramadhan dan bakti sosial. Ada faktor pendukung program Rohani Islam (Rohis) dalam meningkatkan perilaku siswa di MTs. Opu Daeng Risaju Palopo di tempat lain; kepala madrasah, pembina/guru, mesjid dan teman-teman serta faktor penghambat yaitu tempat dan waktu.
PEMBINAAN AKHLAK SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM DI PONDOK PESANTREN AL-MUTTAQIN KECAMATAN SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT Marhamah Marhamah
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.45-54

Abstract

Among the motivations of parents to put their children into boarding schools is to get children who have good morals and virtuous, and it is proven by the difference in manners of the generation of boarding school graduates with graduates of other educational institutions in the middle of public life. In this case an interesting aspect to see is the peculiarity of learning resources and learning methods that exist in boarding schools so as to give birth to a generation that has noble morals. Therefore, this research aims to reveal the development of morality in boarding schools through the study of the book of Ta'lim al-Muta'allim. This research uses qualitative approach, the data source used is ustaz, santri and document analysis in the form of Ta'lim al-Muta'allim. Techniques for collecting observation data, interviews and documentation studies. The research data was analyzed with a qualitative approach. The results prove that the content of Ta'lim al-Muta'allim directs everyone who learns it to have noble morals. The method used by teachers in teaching morality through the book of Ta'lim al-Muta'allim is more dominated by the method of civility.
METODE PENGAJIAN MUHAMMADIYAH DALAM MEMBENTUK AQIDAH WARGA MUHAMMADIYAH DI RANTING HUTA BANGUN JAE CABANG BUKIT MALINTANG KABUPATEN MANDAILING NATAL Rawalan Harapan Gaja; Fahrur Rozi; Darliana Sormin; Muksana Pasaribu; Samsidar Lubis; Mulyadi Hermanto
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.96-108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Metode Pengajian Muhammadiyah dalam membentuk Aqidah warga Muhammadiyah di Ranting Huta Bangun Jae Cabang Bukit Malintang. Metode penelitian kualitatif dengan mengambil latar Huta Bangun Jae. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan metode dalam pengajian dalam membentuk Aqidah di Ranting Huta Bangun Jae belum sepenuhnya sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih dan kaidahorganisasi Muhammadiyah, pengamalan ibadah sholat, perilaku (aklhak) dalam kehidupan sehari -hari warga Muhammadiyah. Kendala-kendala yang di temukan dalam Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyahini diantaranya, kurangnya minat warga untuk mempelajari buku Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah dan mengikuti pengajian-pengajian yang diadakan baik oleh Muhammadiyah cabang Bukit Malintang maupun ranting Huta Bangun Jae. Akibatnya adalah kurang tersosialisinya buku Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah kepada warga Muhammadiyah di Ranting Huta Bangun Jae, ditambah kurangnya kemampuan Pimpinan Ranting Muhammadiyah dalam menyampaikan dan menentukan pemateri dalam pengajian.
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI SMP IT NURUL ILMI MEDAN Saidup Kudadiri
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.1-14

Abstract

Penelitian ini berangkat dari tujuan pendidikan Nasional Tahun 2003 yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar berkepribadian yang unggul, kecerdasan, akhak untuk berkontribusi pada masyarakat, bangsa, dan negara. Realisasi dari tujuan ini adalah melalui program pembelajaran full day school. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses kebijakan kepala sekolah dan  mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate. Metode penelitian dalam artikel ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenolgi dengan informan sebagai kunci data dalam penelitian ini. hasil penelitian ditemukan bahwa proses kebijakan kepala sekolah dalam rangkah meningkatkan mutu  pendidikan melalui program full day school adalah dengan melakukan perencanaan atau perumusan kebijakan yang di buat kemudian melakukan pengorganisasi yaitu bekerja  ama agar kebijakan yang telah di buat dapat berjalan dan di imlementasikan yaitu menjalankan kebijakan yang di buat serta yang terahhir adalah melakukan eveluasi yang mana program tersebut adalah visi dan misi sekolah, program Tahfizul Al Quran, program sistem full day school serta program ekrakurikuler. Mutu pendidikan SMP-IT Nurul Ilmi Medan Estate mempunyai telah menerapkan delapan Standar Nasional Pendidikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang telah di buat yang mana Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar isi, Standart kompetensi lulusan, Standar pendidik, Standar pendidik dan tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana, Standar pengelolaan, Standar pembiayaan, dan Standar penilaian.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI BASIC KEDISIPLINAN: Studi Fenomenologi di SMP Negeri 3 Lembah Melintang Pasaman Barat Khairunnas Khairunnas; Mahyudin Ritonga; Ahmad Lahmi
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.55-65

Abstract

Educational institutions have different rules from each other, discipline is needed to equalize perceptions and actions in institutions where discipline is applied, in reality many rules have been agreed among all school communities but compliance is not realized as it should be. The existence of Islamic religious education is seen as having a role in realizing the discipline of learners, in line with this research aims to see the phenomenon of how Islamic religious education is used as the basis for the application of discipline in schools. This research is designed with qualitative approach, the data source includes Islamic religious education teachers, purposively selected learners. Research data is collected through observations, interviews and documentation studies. Research data is analyzed through interactive. The results prove that Islamic religious education in SMP Negeri contains a fairly complex disciplinary value, even all disciplines agreed at SMP Negeri 3 Lembah Melintang are substantively contained in PAI. PAI as a basic discipline is seen in the practice of Islamic values among teachers and students.  
POLA ASUH KELUARGA JAMA’AH TABLIGH DALAM MEMBINA KELUARGA SAKINAH Ana Rosyidatu Ummatin; Rini Agustini; Dedi Yuisman
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.109-125

Abstract

Pola asuh atau pendidikan dalam keluarga memiliki nilai strategis dalam pembentukan kepribadian anak. Sejak kecil anak sudah mendapatkan pendidikan dari kedua orang tuanya melalui keteladanan dan kebiasaan hidup sehari-hari dalam keluarga. Baik tidaknya keteladanan yang diberikan dan bagaimana kebiasaan hidup orang tua sehari-hari dalam keluarga akan mempengaruhi perkembangan jiwa anak. Keteladanan dan kebiasaan yang orang tua tampilkan dalam bersikap dan berperilaku tidak terlepas dari pengamatan anak. Meniru kebiasaan orang tua adalah suatu hal yang sering anak lakukan, karena memang pada masa perkembangannya, anak selalu ingin menuruti apa-apa yang orang tua lakukan. Dakwah bi al-hal biasa dilakukan oleh jamaah tablig di dunia, mereka keluar dari rumah-rumah mereka dan kemudian mendakwahkan Islam dengan konsep al-khuruj. Konsep pencariaan jati diri melalui khuruj tersebut ternyata digunakan pula dalam membentuk keluarga sakinah. Pola asuh yang diterapkan orang tua dalam keluarga Jama‘ah Tabligh adalah keteladanan, ta’lim rumah, mengajak anak-anak keluar (khuruj), menyekolahkan anak di pondok pesantren, dan melakukan usaha batin (Infirodi). Pola asuh ini sangat berdampak bagi pendidikan agama anak. Faktor keberhasilan pendidikan agama anak adalah keimanan, ekonomi, kesungguhan, latar belakang pendidikan orang tua, dan lingkungan.
KOMUNIKASI BENCANA DALAM MENCEGAH DAN MENGURANGI KEPANIKAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 Syahrul Abidin
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.15-22

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang komunikasi bencana Dalam Mencegah dan Mengurangi Kepanikan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Selanjutnya dilakukan penyajian dan analisis secara deskriptif. Langkah-langkah metode dan analisisnya diawali dengan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, melakukan klasifikasi, deskripsi kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Komunikasi bencana sangat diperlukan untuk membangun kepercayaan masyarakat dan juga untuk mencegah terjadinya histeria massal. Penggunaan media komunikasi menjadi salah satu sumber dari kepanikan itu sendiri dan perlunya melakukan penyuluhan sosial yang tepat dan cepat untuk meredam kepanikan. Pemahaman akan bencana didapat dari komunikasi bencana. Sehingga harus dilakukan dengan tanggap untuk menjaga dan mengontrol bagaimana nilai budaya dapat dijalankan oleh masyarakat. Komunikasi bencana melalui media juga memahami nilai yang tertanam dibenak masyarakat sebab dikonsumsi bersama dan disepakati secara bersama sehingga membuat masyarakat memiliki pandangan yang sama dalam mengkonsumsi sebuah informasi. Dalam menjalankan komunikasi bencana stakeholder, masyarakat pemerintah media/swasta memliki interdepedensi yang sangat erat, sebab komunikasi bencana dijalankan sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana guna mencapai kesuksesan dari proses pemulihan situasi pada saat bencana. Strategi penting untuk mengurangi kepanikan adalah dengan menstabilkan harapan orang dan menerjemahkannya ketidakpastian menjadi ekspektasi yang stabil seperti melakukan komunikasi bencana. 
KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN RELEVANSINYA DENGAN KUANTITAS DAN KUALITAS HAFALAN ALQURAN PESERTA DIDIK Elmissyar Yosita
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.66-74

Abstract

Students at MTs Negeri 1 Pasaman are directed to have a good and high memorization of the Qur'an in quality. The briefing has relevance to the skills needed from students in MTs, in line with previous research proving that the ability of the field of exorcist has an influence on social abilities. Therefore, this study aims to reveal how the relevance of mathematical ability with the quality and quantity of memorization of the Qur'an of learners. This research is designed with quantitative approach, the type of quantitative chosen here is correlation. The results showed that mathematical ability has a positive impact on the quality (Y1) of memorization of the Qur'an, amounting to 11.3%. The results of the study variable memorization test of mathematical ability (X) quality memorization (Y2) had an effect of 1.5 %.
PENGELOLAAN GURU DALAM RANGKA PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA MANUSIA SECARA OPTIMAL (Studi Evaluatif di Madarasah Aliyah Negeri 2 Padang) Sakban Sakban
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.126-134

Abstract

The problem in this research is that the management of teachers and staff in order to optimize human resource utilization at Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang has not clearly seen the management carried out by the school principal. This study aims to determine the achievement of managing teachers and staff in order to optimize human resource utilization. The purpose of this research is to enrich the scientific paradigm in the field of Islamic Education Management, especially the study of the managerial behavior of madrasah principals. The research approach used in this research is descriptive qualitative research with data collection techniques also carried out through observation, in-depth interviews and documentation. The results of this study indicate that the management of teachers and staff in the context of optimally utilizing human resources has been implemented, but in the development of technological advances, training is still needed that can increase the professional ability of teachers who are related to their fields.
ANALISIS SWOT PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PEMBINAAN AKLAQUL KARIMAH NARAPIDANA MUSLIM DI LAPAS NARKOTIKA KELAS IIA MUARA BELITI Putri Anisa; Arisman Arisman
Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman Vol 6, No 1 (2021): AL-MUADDIB : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEISLAMAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/muaddib.v6i1.23-34

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Muara Beliti merupakan tempat pembinaan narapidana yang menyelenggarakan program pembinaan pendidikan agama islam dan pembinaan aklaqul karimah sebagai upaya untuk menumbuhkan iman dan takwa narapidana. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats) dalam mengiindentifikasikan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) lapas Narkotika kelas IIA Muara Beliti dalam menjalankan program ini. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pendidikan agama islam dan pembinaan aklaqul karimah sudah berjalan cukup baik dan kegiatan pembelajaran sudah terstruktur dengan baik dan memenuhi sistem pembelajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 16